Welcome to our online store

Wajah Pangeran Biru Di Tempo Dulu


Hai guys ... Selamat malam,
Pertama tama saya ingin memperkenalkan sedikit dulu tentang siapa saya, kenalin guys Nama saya Anto Susanto ,Biasa di panggil "Anto" atau "To" tapi saya lebih senang dengan kata ejaan "Thoo" beda tipis memang




Saya disini adalah seorang pengguna baru blog dan ceritanya ini artikel pertama saya   ... 
Disini saya ingin bercerita sedikit tentang  sebuah klub sepak bola dari kota kembang Bandung dan bisa dibilang klub terbesar di Jawa Barat yaitu PERSIB BANDUNG. 
Klub sepak bola paling fenomenal di bandung dan di Jawa Barat ,siapa yang tidak tau dengan nama PERSIB di kota kembang, yaa Persib sudah menjadi bagian dari culture ,  adat dan budaya di kota Bandung, Sebagian besar dari para orang tua mewariskan Persib untuk para pewaris keturunan tanah-tanah pasundan... yang sudah menjadi tradisi dan sebuah warisan budaya yang terus ditransfusikan dari generasi ke generasi.
Di artikel ini saya ingin sedikit menulis tentang asal muasal atau lebih tepatnya sejarah lahirnya Persib Bandung dan beberepa hal tentang klub terdahulunya.
 Sebelum bernama Persib Bandung, di Kota Bandung telah berdiri sebuah klub yang bernama Bandoeng Inlandsche Voetbal Bond (BIVB) pada sekitar tahun 1923. BIVB ini merupakan salah satu organisasi perjuangan kaum nasionalis pada masa itu, 



Bandoeng Inlandsche Voetbal Bond (BIVB) pada sekitar tahun 1923


Namun BIVB kemudian menghilang dan muncul dua perkumpulan lain yang juga diwarnai nasionalisme Indonesia yakni Persatuan Sepak bola Indonesia Bandung (PSIB) dan National Voetball Bond (NVB). Dan Pada tanggal 14 Maret 1933, kedua perkumpulan itu akhirnya sepakat untuk menyatukan (PSIB) dan (NVB) untuk menjadi satu  yang akhirnya lahirlah perkumpulan yang bernama PERSIB .

Pada masa itu juga di Bandung telah berdiri perkumpulan sepak bola yang dimotori oleh orang-orang Belanda yakni Voetbal Bond Bandung & Omstreken (VBBO). Perkumpulan ini kerap memandang rendah Persib. Seolah-olah Persib merupakan perkumpulan "kelas dua" . VBBO sering mengejek Persib kala itu  Maklumlah pertandingan-pertandingan yang dilangsungkan oleh Persib ketika itu sering dilakukan di pinggiran kota Bandung, seperti Tegallega dan Ciroyom. Masyarakat pun ketika itu lebih suka menyaksikan pertandingan yang digelar VBBO dari pada menyaksikan pertandingana Persib. Lokasi pertandingan memang di dalam Kota Bandung dan tentu dianggap lebih bergengsi untuk di saksikan, yaitu dua lapangan di pusat kota bandung , yakni Lapangan UNI dan SIDOLIG.

Persib akhirnya memenangkan "perang dingin" dan menjadi perkumpulan sepak bola satu-satunya bagi masyarakat Bandung dan sekitarnya .Bahkan VBBO (sempat berganti menjadi PSBS sebagai suatu strategi) kemudian menyerahkan pula lapangan yang biasa mereka pergunakan untuk bertanding yakni Lapangan UNI, Lapangan SIDOLIG (kini Stadion Persib), dan Lapangan SPARTA (kini Stadion Siliwangi). Situasi ini tentu saja mengukuhkan eksistensi Persib di Bandung.
Namun sebenarnya Persib sempat vakum untuk beberapa waktu ketika jepang mulai menguasai bumi pertiwi. Pemerintah Kolonial Jepang pun mendirikan perkumpulan baru yang menaungi kegiatan olahraga ketika itu yakni Rengo Tai Iku Kai.  

Pemerintah Kolonial Jepang pun mendirikan perkumpulan baru yang menaungi kegiatan olahraga ketika itu yakni bernama Rengo Tai Iku Kai.
Memang nama Persib secara resmi berganti dengan nama yang berbahasa Jepang tadi, Pada masa Revolusi Fisik, setelah Indonesia merdeka, Akhirnya Persib kembali menunjukkan eksistensinya. Situasi dan kondisi saat itu memaksa Persib untuk tidak hanya eksis di Bandung. Melainkan tersebar di berbagai kota, sehingga ada Persib di Tasikmalaya, Persib di Sumedang, dan Persib di Yogyakarta. Pada masa itu prajurit-prajurit Siliwangi hijrah ke ibukota perjuangan Yogyakarta. 


Jadi Sebetulnya Persib pernah besar di beberapa kota yang bukan hanya di bandung pada jaman penjajahan ketika itu ...


Nah, Baru tahun pada tahun1948 Persib kembali berdiri di Bandung, kota kelahiran yang kemudian membesarkannya .
Selang beberapa waktu sekitar tahun 1950an Pada masa itu, reputasi Persib sebagai salah satu jawara kompetisi perserikatan mulai dibangun. Selama kompetisi perserikatan, Persib tercatat pernah menjadi juara sebanyak empat kali yaitu pada tahun 1961, 1986, 1990, dan pada kompetisi terakhir pada tahun 1994. Selain itu Persib berhasil menjadi tim peringkat kedua pada tahun 1950, 1959, 1966, 1983, dan 1985.


Persib Bandung Ketika Era Robby Darwis Tahun 1995

Keperkasaan tim Persib yang dikomandoi Robby Darwis pada kompetisi perserikatan terakhir terus berlanjut dengan keberhasilan mereka merengkuh juara Liga Indonesia pertama pada tahun 1995. Persib yang saat itu tidak diperkuat pemain asing berhasil menembus dominasi tim tim eks galatama yang merajai babak penyisihan dan menempatkan tujuh tim di babak delapan besar. Persib akhirnya tampil menjadi juara setelah mengalahkan Petrokimia Putra melalui gol yang diciptakan oleh Sutiono Lamso pada menit ke-76.

Sayangnya setelah juara, prestasi Persib cenderung menurun. Bahkan Puncaknya terjadi saat mereka hampir saja terdegradasi ke Divisi I pada tahun 2003. Namun Beruntung, melalui drama babak playoff, tim kebanggan kota kembang ini berhasil bertahan di Divisi Utama.

Sebagai tim yang dikenal dengan reputasi baik, Persib juga dikenal sebagai klub yang sering menjadi penyumbang pemain ke tim nasional Indonesia baik tingkat junior maupun senior. Sederet nama seperti Risnandar Soendoro, Nandar Iskandar, Adeng Hudaya, Heri Kiswanto, Ajat Sudrajat, Yusuf Bachtiar, Dadang Kurnia, Robby Darwis, Budiman, Nur'alim, Yaris Riyadi hingga generasi Erik Setiawan , Eka Ramdani dan yang teranyar Febry haryadi  merupakan sebagian pemain timnas hasil binaan Persib. Sampai saat ini Persib Bandung adalah tim Indonesia yang bisa di bilang paling dibanggakan oleh Indonesia karena prestasi dan kemampuannya.
 

Sedikitnya itulah sejarah singkat yang saya ketahui tentang Persib Bandung, sebetulnya masih banyak sejarah panjang maung bandung yang masih banyak belum saya explore. Namun mungkin di kesempatan berikutnya saya akan coba bahas. oke guys mungkin untuk malam ini cukup itu dulu aja ya , 
maaf jika materinya tidak berkualitas ,saya hanya mencoba untuk sekedar berbagi saja tentang tim kebanggan warga Jawa Barat ini >. 

Terima kasih telah membaca ... dan sampai bertemu di artikel saya selanjutnya 




Related Product :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. THOO GBLOG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger